
PNN – Kamis, 10 Juli 2025. Kepala Pusat Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (p4MP), Ir. Denny Hendra Cipta, ST.,M.Eng. beserta para koordinator program studi Politeknik Negeri Nunukan mengadakan rapat singkat mengenai Indeks Kinerja Akademi Dosen (IKAD). Lebih spesifiknya rapat ini berisikan mengenai Pembahasan Teknis dan Jadwal Pelaksanaan IKAD Semester Genap T.A 2024/2025.
Indeks Kinerja Akademik Dosen (IKAD) adalah ukuran yang digunakan untuk menilai kualitas dan produktivitas dosen dalam menjalankan tugas-tugas akademik mereka, termasuk pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kontribusi pada lembaga. IKAD mencakup berbagai indikator yang dirancang untuk memastikan dosen memberikan kontribusi yang berkualitas dan relevan bagi perkembangan akademik dan sosial.
Kualitas pengajaran dinilai melalui evaluasi mahasiswa, penggunaan metode inovatif, pengembangan kurikulum, dan partisipasi dalam pelatihan pengajaran. Kualitas pengajaran dinilai melalui beberapa faktor. Evaluasi mahasiswa memberikan umpan balik penting tentang efektivitas pengajaran. Penggunaan metode pengajaran inovatif dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Pengembangan kurikulum yang relevan dan terstruktur juga krusial untuk kualitas pengajaran. Terakhir, partisipasi dalam pelatihan pengajaran membantu guru meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka.
Mahasiswa memberikan umpan balik langsung tentang pengalaman belajar mereka, yang dapat membantu dosen mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam pengajaran mereka. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa evaluasi mahasiswa yang konstruktif dapat meningkatkan motivasi dan kualitas lulusan. Penggunaan metode pengajaran yang inovatif, seperti pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok, atau teknologi pendidikan, dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif. Hal ini dapat membantu siswa untuk memahami materi dengan lebih baik dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis.
IKAD membantu dalam mengevaluasi kinerja dosen secara komprehensif, baik untuk tujuan pengembangan diri maupun untuk tujuan promosi dan kenaikan jabatan. Dan tentunya Pemenuhan standar IKAD yang ditetapkan oleh institusi juga berkontribusi pada akreditasi dan reputasi perguruan tinggi. IKAD mendorong dosen untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan tinggi secara keseluruhan.