POLITEKNIK NEGERI NUNUKAN

Menjadi Politeknik Negeri Yang Profesional Berdaya Saing dan Unggul di Dunia
BerandaHumasDirektur PNN Ajak KORMI Nunukan Kolaborasi Olahraga Tradisional dan Rekreasi

Direktur PNN Ajak KORMI Nunukan Kolaborasi Olahraga Tradisional dan Rekreasi

NUNUKAN, PNN- Direktur Politeknik Negeri Nunukan (PNN) Arkas Viddy SE, MM, Ph.D didampingi Wadir II Non Akademik Dr Rafiqoh, SE, MM dan Kepala UPT Teknologi Informasi Akbaruddin SE dan Sekretaris Direktur Reni melakukan Kunjungan Kolaborasi di Sekretariat Komite Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Nunukan pada Senin, 26 September 2022.

Kunjungan Kolaborasi ini disambut baik dan hangat oleh Ketua KORMI Nunukan H Andi M.Akbar M. Djuarzah, SE, MM. dan jajaran pengurusnya.

Ketua KORMI Nunukan H Andi M.Akbar M. Djuarzah, SE, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa KORMI Nunukan dibawah naungan Dispora. “Dana hibah dimanfaatkan dan digunakan untuk masyarakat, yang tentunya olahraga tradisional dan rekreasi bersentuhan dengan masyarakat,” ucapnya.

H Andi M.Akbar M. Djuarzah, SE, MM menuturkan, selama ini KORMI Nunukan aktif melakukan kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat langsung, KORMI Nunukan bekerja sama melibatkan UMKM ditempat pelaksanaan kegiatan Formasi, mereka menjual jajanan aneka berbagai macam makanan dan minuman, Doprize elektronik kipas angin, sepeda dan motor, sehingga hal ini dapat perputaran perekonomian berjalan.

“Empat titik kami lakukan kegiatan Formasi, di Sebatik, Krayan, Kabudaya dan Nunukan. Olahraga tradisional rekreasi dan Budaya. Alhamdulillah banyak pihak yang membantu program kegiatan, termasuk melibatkan UMKM setempat, secara tidak langsung bisa memulihkan kondisi perekonomian di Nunukan. Sejatinya kami tidak menjaga jarak dengan masyarakat, kita dapat sehat, sosial, bugarnya, UMKM jalan, Ekonomi jalan,” tuturnya.

Dirinya juga menerangkan, bahwa Tujuan keberadaan KORMI untuk olahraga rekreasi dan dekat dengan masyarakat. Berbeda dengan KONI atlet berprestasi.

“Alhamdulillah KORMI berpatisipasi Fornas di Sumatera Selatan. Baru ikut Fornas. Mendali emas Kaltara peringkat 13 dari 34 Provinsi,” terangnya.

Ketua KORMI Nunukan juga menceritakan, sudah melakukan kegiatan Go To School dan diterima masyarakat. Sementara delapan Inorga (Induk Organisasi) sudah terbentuk dari beberapa cabang olahraga. Selanjutnya dalam HUT kabupaten Nunukan di bulan Oktober mendatang, KORMI kolaborasi Dispora melaksanakan Pawai budaya, Gerak Jalan Indah, Mobil hias.

“PNN bisa berpartisipasi untuk meramaikan HUT kabupaten Nunukan. Bisa jadi nanti Kormi Go To Campus.Memperkenalkan Olahraga tradisional daerah. Dana hibah betul-betul kita manfaatkan untuk kebutuhan masyarakat hingga bisa mensukseskan acara yang kita laksanakan,” bebernya.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara ini juga menambahkan, wadah KORMI terbuka bagi siapa saja, menyatukan semua profesi didalam KORMI, tujuannya sebagai organisasi independen. “Mudah-mudahan bisa berkomunikasi kami bisa datang ke Poltek Nunukan,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur PNN Arkas Viddy mengucapkan rasa terima kasihnya karena sudah disambut baik. Ia kemudian menjelaskan, dua organisasi yang peduli dan punya tujuan yang sama. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang ada di perbatasan.

“Ada konektivitas untuk kemakmuran manusia. Happiness index. Indeks Angka kebahagiaan, sangat erat dengan olahraga tradisional dan rekreasi. Membangun pendidikan,” ucapnya.

Menurut Direktur Arkas, bagaimana masyarakat bisa berkumpul dan melakukan aktifitas yang membuat bahagia. Karena pada dasarnya olahraga tradisional bisa membuat orang bahagia.

“Jauh-jauh KORMI Nunukan sudah memikirkan itu. Tarik tambang, main gasing, layang-layang itu bikin masyarakat bahagia,” tuturnya.

Bagi Direktur Arkas, KORMI Nunukan muncul disaat yang tepat. Ia juga memberikan masukan agar KORMI membuat program jangka panjang 5-25 tahun kedepan. Potret kedepan. Dari aktivitas dan prestasi dengan membuat blue print.

“Membuat pembinaan induk cabang olahraga, program kerja dan kegiatan yang terukur dan terarah,” sarannya.

Direktur Arkas menjelaskan, KORMI Nunukan bisa membangun budaya kebahagiaan dengan membuat jargon daerah. Prestasi ada, Kearifan Lokal juga terangkat ke nasional dan internasional.

“Kerja sama mengembangkan budaya di perbatasan semisal lomba layang-layang serumpun. Itu yang perlu kita kerja sama itu akan mengangkat nama kabupaten, kita bersatu dan saling menopang antara PNN dan KORMI Nunukan,” jelasnya.

Wakil Direktur II PNN Dr. Rafiqoh SE, MM kemudian menginformasikan, dalam rangka Dies Natalis, PNN akan mengadakan kegiatan Pekan Seni dan Olahraga (Porseni) terbuka untuk tradisional.

“Dengan adanya KORMI kami juga ingin ada olahraga tradisional dan rekreasi di kampus PNN agar bisa berkolaborasi. Sementara menyangkut kolaborasi, wilayah generasi muda. Kegiatan besar bisa libatkan mahasiswa kami untuk jadi volunteer. 10 Cabor, akan kami selenggarakan, termasuk futsal, seni Puisi, karoke dan lain-lainnya,” demikian. (hms)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments