POLITEKNIK NEGERI NUNUKAN

Menjadi Politeknik Negeri Yang Profesional Berdaya Saing dan Unggul di Dunia
BerandaHumasWadir I Akademik PNN: Program MBKM Sebagai Kultur Belajar Inovatif

Wadir I Akademik PNN: Program MBKM Sebagai Kultur Belajar Inovatif

NUNUKAN, PNN- Pembinaan Karakter Mahasiswa Baru (PKMB), Wakil Direktur I Akademik Politeknik Negeri Nunukan (PNN) Dr. Besse Asniwaty, SE, M.Si menyampaikan materi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Kamis, 15 September 2022.

Besse mengatakan dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih sepadan dengan kebutuhan zaman.

“Perguruan Tinggi dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal dan selalu relevan,” ucap Wadir I PNN ini.

Ia menjelaskan, Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dapat menjawab jawaban atas tuntutan tersebut. Kampus Merdeka merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

“Semua kegiatan tersebut harus dilaksanakan dengan bimbingan dari dosen. Kampus merdeka diharapkan dapat memberikan pengalaman kontekstual lapangan yang akan meningkatkan kompetensi mahasiswa secara utuh dan siap kerja,” jelasnya.

Besse menekankan, bahwasanya program MBKM dilakukan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman dan melahirkan lulusan yang unggul dan berkepribadian. (hms)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments