POLITEKNIK NEGERI NUNUKAN

Menjadi Politeknik Negeri Yang Profesional Berdaya Saing dan Unggul di Dunia
BerandaHumasPNN Segera Terapkan Penggunaan Aplikasi SINDE

PNN Segera Terapkan Penggunaan Aplikasi SINDE

NUNUKAN, PNN- Direktur Politeknik Negeri Nunukan (PNN) Arkas Viddy, SE., MM., Ph.D gelar rapat guna menyampaikan penggunaan aplikasi
Sistem Naskah Dinas Elektronik atau yang dikenal dengan nama SINDE, pada Selasa, 28 Juni 2022.

Arkas menjelaskan, PNN harus menyesuaikan diri untuk meng-upgrade demi kebaikan bersama, karena aplikasi SINDE merupakan kewajiban tata administrasi surat menyurat agar lebih cepat tersajikan.

“Aplikasi SINDE tata persuratan Administrasi Internal dan Eksternal lebih tepatnya surat keluar dan masuk berbasis elektronik,” ucap Direktur PNN.

Menggunakan aplikasi tersebut yang akan diterapkan di kampus PNN di segala Unit Pelaksana Tugas (UPT), dan Program Studi Jurusan.

“Yang digunakan didalam kampus. Terbaca, terinformasi terdisposisi, tersampaikan,” ungkapnya.

Arkas menjelaskan, bahwa dari SINDE dapat memberikan kemudahan proses dalam membuat surat-menyurat.

“Tentunya sangat membantu. Dengan adanya SINDE, surat dinas yang masuk pun akan terarsip dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Silfirazt Dwi Marida SE., selaku Koordinator Keuangan, Kepegawaian dan Umum menjelaskan penggunaan Aplikasi SINDE serta mengutip dari berbagai sumber Fitur yang Tersedia di aplikasi SINDE antara lain:

Profil
Pada bagian ini, Anda akan menemukan informasi berkaitan dengan pemilik akun pengakses SINDE. Misalnya Anda membuka fitur profil Anda sendiri, maka di sana akan terpampang foto profil, jabatan, nama lengkap dan informasi lainnya.

Beranda
Sama seperti media sosial lainnya, beranda adalah teras atau halaman dari sebuah rumah. Pada bagian ini, Anda dapat melihat tampilan muka dari semua fitur yang ada sebelum nanti anda memilih salah satu fitur yang akan diakses.

Tambah Surat Masuk
Pada bagian ini, Anda dapat mengarsipkan setiap surat yang masuk ke dalam akun Anda. Anda dapat memberikan tanda pada beberapa surat penting sehingga akan selalu menjadi prioritas ketika akun diakses.

Surat Masuk
Ketika ada surat dinas yang masuk, maka surat tersebut akan dimasukkan ke dalam fitur ini. Anda dapat mencari semua surat yang masuk dari berbagai tanggal dalam kolom ini. Ketika ada tanda di bagian surat, maka artinya ada surat yang belum terbuka dan terbaca.

Surat Keluar
Kebalikan dari surat masuk, maka jika Anda mencari semua surat yang keluar, maka fitur ini yang harus Anda cari.

Disposisi Masuk
Disposisi masuk berbeda dengan surat masuk. Pada fitur ini, akan terlampir bagian surat yang langsung terbuka lengkap dengan keterangannya, mulai dari nama pengirim, tanggal dan lain sebagainya.

Fitur ini dibutuhkan karena ada beberapa surat dinas yang membutuhkan tindakan segera, misalnya membutuhkan tanda tangan, cap, review dan lain sebagainya. Tentunya, semua kebutuhan tersebut juga mengalami proses digitalisasi, termasuk tanda tangan dan cap kedinasan. Pada kolom ini juga akan terlihat berapa banyak surat yang sudah dilakukan tindakan sesuai dengan kebutuhannya.

Disposisi Keluar
Pada bagian disposisi keluar, maka semua tindakan yang sudah dilakukan pada fitur disposisi masuk akan terekam dan dimasukkan ke dalam fitur ini. Dengan melihat fitur disposisi keluar, Anda dapat melihat nama penerima surat, jenis tindakan, review tindakan dan lain sebagainya.

Notifikasi
Ketika mendapatkan catatan surat masuk maupun pemberitahuan lainnya, maka akan ada tanda pada bagian ini. Anda dapat mengakses kabar terkini dengan melihat kolom notifikasi.

Jika Anda mengunduh aplikasi SINDE pada ponsel pintar Anda, maka notifikasi semacam ini akan nampak pada layar ponsel.

Cara Masuk ke Situs atau Aplikasi SINDE

Buka situs SINDE, Pada tampilan muka, Anda akan menemukan kolom username dan password.
Masukkan username dan password yang sudah diberikan oleh Instansi terkait (PNN), yang merupakan akses khusus yang hanya dimiliki oleh orang terkait. Lalu Klik tombol “Login”. (hms-istimewa)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments