POLITEKNIK NEGERI NUNUKAN

Menjadi Politeknik Negeri Yang Profesional Berdaya Saing dan Unggul di Dunia
BerandaHumasDirektur PNN Dorong Prodi Jurusan Ciptakan Produk-Karya untuk Daftar di HAKI

Direktur PNN Dorong Prodi Jurusan Ciptakan Produk-Karya untuk Daftar di HAKI

NUNUKAN, PNN- Direktur Politeknik Negeri Nunukan (PNN) Arkas Viddy, SE., MM., Ph.D, Selasa 21 Juni 2022 mendorong setiap Program Studi Jurusan yang berada di lingkup kampus PNN untuk memiliki hak kekayaan intelektual (HAKI) sebagai bentuk legalitas dari karyanya.

Direktur PNN mengatakan, bahwa hak kekayaan intelektual (HAKI) sangat penting didaftarkan, untuk itu perlu ide kreatifitas yang menghasilkan suatu produk tertentu.

“Saya minta setiap prodi itu bermunculan ide-ide, gagasan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, contohnya di jurusan THP, bisa membuat alat penangkal abrasi gelombang,” katanya.

Direktur Arkas mendorong para penemu atau peneliti setiap program studi jurusan agar dapat mendapatkan hak intelektualnya.

“Memiliki karya itu wajib, sehingga bisa mendapatkan HAKI sebagai bentuk legalitas dari karya atau produk yang diciptakan,” tegas Arkas Viddy.

Disebutkan, HAKI merupakan hak yang didapatkan dari hasil olah pikir manusia untuk dapat menghasilkan suatu produk, jasa, atau proses yang berguna untuk mahasiswa secara khusus dan masyarakat secara keseluruhan.

“Jelasnya HAKI rangkaian dari sebuah kekayaan intelektual, HAKI terdiri dari hak cipta, paten, desain industri, rahasia dagang dan merek dan lain-lainya,” sebutnya.

Jadi jelasnya HAKI antara lain, antisipasi kemungkinan melanggar milik pihak lain, meningkatkan daya kompetisi dunia industri. (hms-istimewa)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments