POLITEKNIK NEGERI NUNUKAN

Menjadi Politeknik Negeri Yang Profesional Berdaya Saing dan Unggul di Dunia
BerandaProgram Studi Teknologi Hasil PerikananTHP PNN Dukung Penerapan Sistem Resi Gudang Rumput Laut di Nunukan

THP PNN Dukung Penerapan Sistem Resi Gudang Rumput Laut di Nunukan

NUNUKAN, PNN- Kajur Teknologi Hasil Perikanan (THP) Politeknik Negeri Nunukan (PNN) Basran, S.Pi., M.Si bersama Kepala UPT Teknologi Informasi PNN Akbaruddin SE menghadiri undangan Pemkab Nunukan yang difasilitasi oleh Dinas Perdagangan, Selasa, 07 Juni 2022.

Undangan koordinasi tersebut ialah membahas mengenai manfaat penerapan Sistem Resi Gudang (SRG) rumpu laut Kabupaten Nunukan.

“Para eksportir komoditas rumput laut di berbagai wilayah di Indonesia sebagian besar sudah memanfaatkan sistem resi gudang,” kata Kajur THP PNN ini.

dia menjelaskan bahwa SRG adalah upaya menjaga stabilitas harga, resi gudang dapat dimanfaatkan pemilik komoditas untuk mendapatkan pembiayaan bagi kelangsungan usahanya.

“Saya mendukung program tersebut ada di Kabupaten Nunukan, kita tau harga rumput laut sering naik turun, dengan adanya SRG, Itu bisa menjaga stabilitas harga rumput laut dipasaran, yang kedua pelaku usaha komoditi rumput laut itu terbantukan,” jelasnya.

Gambaran umumnya resi gudang untuk mendorong pemilik komoditas rumput laut memanfaatkan sistem resi gudang, khususnya dalam kaitan kegiatan ekspor.

Hal ini dilakukan untuk menekan mitigasi harga internasional, serta terkait pergerakan kurs dolar Amerika Serikat (AS) yang menjadi mata uang acuan dalam ekspor. (hms)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments