POLITEKNIK NEGERI NUNUKAN

Menjadi Politeknik Negeri Yang Profesional Berdaya Saing dan Unggul di Dunia
BerandaHumasHore! Prodi THP PNN Kenalkan Produk Stick Rumput Laut, Rasanya Maknyus

Hore! Prodi THP PNN Kenalkan Produk Stick Rumput Laut, Rasanya Maknyus

NUNUKAN, PNN- Sesuai arahan Direktur Politeknik Negeri Nunukan (PNN) Arkas Viddy, SE., MM., Ph.D
agar dosen-dosen PNN membantu mahasiswa untuk mengembangkan keterampilannya dalam membuat produk, seperti di Prodi Jurusan (Teknologi Hasil Perikanan THP) PNN yang membuat olahan perikanan.

Kaprodi THP PNN, Harizatul Jannah S.Pi., M.Si mengatakan berkat bimbingan Direktur PNN sehingga mendorong dosen bisa mendampingi mahasiswa semester IV untuk membuat sebuah produk olahan makanan seperti Stick Rumput Laut yang dibuat oleh mahasiswa THP PNN.

“Maka dari itu jurusan kami membetuk tim khusus untuk membimbing mahasiswa dalam membuat produk,” kata Ibu Ica sapaan akrabnya, Kamis 02 Juni 2022.

Adapun tim tersebut yaitu :

  1. Harizatul Jannah, S. Pi., M. Si
  2. Samsidar, S.Pi., M.Si
  3. Abdul Rohman Nasrudin, S.TrPi., M.Pi

Ibu Ica menjelaskan, perjalanan membuat produk olahan tidaklah mudah, hasilnya kita uji hedonik
Hasil uji, menunjukkan uji pertama, Gagal, kedua, sudah ada perbaikan rasa dan tekstur, ketiga panelis sudah merasa cukup dan keempat kalinya baru dihasilkan resep yang cocok Kemudian, dilakukan uji coba pasar, yng menunjukkan nilai baik, artinya bisa disukai konsumen.

“Tim awal dalam menciptakan produk, yang kemudian dilakukan uji coba pengolahan beberapa kali untuk formulasi yang cocok, sehingga dari proses tersebut jadilah produk olahan rumput laut mahasiswa kami,” ucap dia.

Kaprodi THP PNN ini berharap
kedepannya, fokus pada branding, yaitu kemasan dan stiker sehingga, bisa meningkatkan kualitasnya dan nilai jual produk. (hms)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments