header-int

Perjalanan Sejarah PNN

Posted by : Administrator
Share

PERJALANAN SEJARAH

Gagasan pendirian Politeknik muncul dengan dengan melihat banyaknya lulusan SMK dan SMA di wiayaah Kabupaten Nunukan yang mencapai 3000 lulusan per tahun. Namum hanya 20 % Yang mampu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di luar nunukan dan sisanya 80% tidak bisa melanjutkan pendidikan karena alasan ekonomi. Bahkan sebagian besar dari mereka terpaksa mengadu nasib di negera jiran malaysia sebagai buruh kasar dan buruh perkebunan. Hal ini sangat mengharukan, mengingat provinsi kalimantan timur menyumbang PDRB tertinggi. Kondisi inilah yang mendorong diadakannya kerja sama antara Pemerintah Kalimantan Utara, Pemerintah Kabupaten Nunukan dan Politeknik Negeri Samarinda dengan satu tujuan untuk mendirikan Politeknik Negeri Nunukan

Politeknik Negeri Nunukan Resmi didirikan pada 8 Oktober 2014 dengan bentuk Program Diluar Domisili (PDD) Rintisan Politeknik Negeri Samarinda berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan kebudayaan nomor 436/E/O/2014 dengan 4 Program Studi Administrasi Bisnis, Teknik Sipil Infrastruktur Perkotaan, Teknik Alat Berat dan Teknologi Pengolahan Hsil Perikanan.

Politeknik Negeri Nunkan resmi berstatus Perguruan Tinggi Vokasi yang mandiri melalui surat keputusan menteri no 42 tahun 2020 tanggal 24 september 2020 dan acara peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 28 januari 2021.

Unidha Politeknik Nunukan yang sebelumnya di bawah binaan Politeknik Negeri Samarinda kini telah berubah status menjadi negeri. Status hukumnya berdiri sendiri tidak lagi mengikuti Politeknik Negeri Samarinda.\\r\\n\\r\\nPerubahan status ini, setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 42 tahun 2020 tanggal 24 September 2020 tentang Pendirian, Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Nunukan.
© 2022 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube