JM Hot News - шаблон joomla Окна
A A A

24 Dosen Samarinda Mengajar di PDD Poltek Negeri Nunukan

Guna mendukung kegiatan perkuliahan di Politeknik Negeri Nunukan, sebanyak 24 dosen tetap dari Politeknik Negeri Samarinda disiapkan untuk mengajar.

Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Samarinda, Erlyn Nurba mengatakan, setiap program studi akan diasuh enam dosen tetap dari Politeknik Negeri Samarinda.

Program studi yang akan dibuka untuk mahasiswa angkatan pertama ini masing-masing Teknik Alat Berat, Teknik Sipil, Teknik Hasil Pengolahan Perikanan dan Administrasi Bisnis. Direncanakan kegiatan perkuliahan sudah berjalan pada 1 Oktober.

"Awal-awal dosen dari Politeknik Negeri Samarinda akan mengajar di Politeknik Negeri Nunukan. Sementara ini, dosen tetap di Politeknik Negeri Nunukan memakai dosen tetap Politeknik Negeri Samarinda. Masing-masing dari empat program studi, ada enam dosen. Jadi 24 dosen," ujarnya.
Selain itu ada dosen Politeknik Negeri Nunukan yang juga ikut mengajar.

Dia mengatakan, dalam pelaksanaan kerjasama ini, separuh pengajar berasal dari Politeknik Negeri Samarinda. Selain itu, ada juga dosen yang disiapkan Politeknik Negeri Nunukan. "Buat teman-teman di Politeknik Negeri Nunukan nanti ada staf pengajarnya. Bahkan kedepannya Politeknik Negeri Nunukan akan merekrut dosen tetap dan statusnya Pegawai Negeri Sipil," ujarnya.

Dia mengatakan, kegiatan belajar mengajar di Politeknik Negeri Nunukan akan berlangsung Senin-Sabtu setiap pukul 07.30 hingga 14.00.
"Memang ada perbedaan antara sistem pengajaran di politeknik dengan sistem di universitas maupun sekolah tinggi," ujarnya.

Pada tahap awal pembukaan Politeknik Negeri Nunukan, hanya ada program studi untuk Diploma III. Namun disebutkannya, kedepan ada peluang untuk membuka Strata 1 atau Diploma IV.  "Bahkan bisa sampai program S2 maupun S3," ujarnya.

Politeknik Negeri Samarinda dalam perjanjian kerjasamanya dengan Politeknik Negeri Nunukan akan membina hingga Politeknik Negeri Nunukan bisa mandiri.

Tak hanya membantu menyediakan dosen, Politeknik Negeri Samarinda juga membantu sejak awal pengurusan izin, hingga keluarnya izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Sampai hal operasional pengajaran sampai kerjasama penyusunan penganggaran operasional di Politeknik Negeri Nunukan ini," ujarnya.

Dia berharap, penerimaan mahasiswa angkatan pertama Politeknik Negeri Nunukan ini mendapatkan respon yang baik dari masyarakat Nunukan. Sebab hal ini merupakan kesempatan yang besar buat masyarakat Nunukan, khususnya bagi mereka yang ingin melanjutkan studi atau pendidikan.
"Sehingga mereka tidak perlu lagi jauh-jauh keluar daerah. Apakah itu di luar Kalimantan Utara atau di luar Kabupaten Nunukan," ujarnya.

sumber: http://kaltim.tribunnews.com/2014/08/13/24-dosen-samarinda-mengajar-di-poltek-negeri-nunukan