POLITEKNIK NEGERI NUNUKAN

Menjadi Politeknik Negeri Yang Profesional Berdaya Saing dan Unggul di Dunia
BerandaHumasDihadapan Bupati Kolaka, Direktur PNN Paparkan Kisi-Kisi Jadi PTN Vokasi

Dihadapan Bupati Kolaka, Direktur PNN Paparkan Kisi-Kisi Jadi PTN Vokasi

NUNUKAN, PNN- Direktur Politeknik Negeri Nunukan (PNN) Arkas Viddy, SE., MM., Ph.D, Rabu 20 April 2022, bertempat di Kantor Bupati Nunukan lantai IV memaparkan kisi-kisi agar bisa menjadi Politeknik Negeri dihadapan Bupati dan Ketua DRPD Kolaka, Direktur PNUP dan rombongan, serta Wakil Bupati Nunukan, dan kepala OPD lingkup Setda Nunukan.

Direktur Arkas mengatakan,  perjalanan panjang berdirinya PNN negeri tidak mudah, PNN dulunya masih dalam status Pendidikan Diluar Domisili (PDD) dibawah binaan Politeknik Negeri Samarinda (Polnes).

“Komitmen yang tinggi dari pemkab Nunukan, serta Kondusifitas Provinsi dan kabupaten sehingga bisa bersama-sama menjadikan PNN sebagai kampus Vokasi negeri di perbatasan,” kata Arkas Viddy.

Arkas menuturkan, waktu semasa mortorium kementerian, bukanlah sebuah halangan atau hambatan untuk memiliki perguruan tinggi negeri Vokasi di Perbatasan Utara Kalimantan.

“Saya tidak percaya moratorium, tetap kita harus bergerak sesuai persyaratan. Selain itu, jalannya adalah Kabupaten dan provinsi yang harus harmonis untuk membantu proses Politeknik menjadi negeri, itu bagian yang penting untuk dilakukan,” tutur Arkas Viddy. 

Arkas menjelaskan, bahwa Sumber Daya Manusia SDM  juga syarat mutlak untuk negeri. Dan poin utamanya ialah karena kabupaten Nunukan berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, Pemkab Nunukan dan Provinsi telah banyak membantu melalui pendanaan dana hibah.

“Payung hukum perda, dana hibah harus jelas. Pendampingan Inspektorat dan BPK, sehingga tidak ada masalah dikemudian hari. Saya juga mendorong akselerasi peningkatan SDM dengan menginisiasi program beasiswa dosen strata II, kita kuliahan para dosennya,” jelas dia.

Arkas menambahkan, penuhi persyaratan administrasi, dosen dan infrastruktur itu harus jalan beriringan dengan komunikasi eksternal. Apalagi saat ini Kementerian Pendidikan memiliki program Projects Based Learning (PBL) yang bisa bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan.

“Konsep Proyek PBL Vokasi. APK Vokasi adalah peluang untuk negeri saat ini yang harus diwujudkan,” tambah Arkas.

Apalagi, di Kabupaten Kolaka memiliki 3 perusahaan besar yang beroperasi, yakni  PT Wika, PT Ceria Nugraha Indotama, PT Vale tbk.

“Jadi keinginan Bupati, Ketua DPRD serta masyarakat Kolaka yang ingin menjadikan PSDKU Kolaka menjadi Negeri, itu seperti jodoh. PT besar ada dikolaka, Selanjutnya,  lulusan-lulusan Poltek SPDKU Kolaka bisa melakukan Perjanjian Kerja sama dalam hal Didu dan pekerjaan, serta kedepannya dengan cara dosen praktisi masuk kampus,”  Sekarang atau tidak pernah sama Sekali.

Sekedar informasi, Pemkab Nunukan telah banyak membantu pendirian dan pembangunan Kampus PNN, melalui dana hibah dari tahun 2015-2021 dengan total sekitar 20 miliar, dan juga mendapatkan hibah dari pemerintah provinsi Kalimantan Utara. (hms)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments