NUNUKAN, PNN, Training Of Trainer (TOT) Dosen Politeknik Negeri Nunukan dari tanggal 03-5 Februari 2022. Dihari terakhir, bapak Alwathan, ST, M.Si membawakan materi Pembelajaran inovatif.  

Alwathan mengatakan merujuk pada framework for 21st century learning dengan komponen, pertama, lingkungan pembelajaran. Kedua, pengembangan kemampuan professional. Ketiga, kurikulum dan instruksionalnya, dan keempat, standard dan penilaian, menjadi gerbang masuk untuk menuju era globalisasi agar mampu bersaing di dunia kerja. 

“Core cubjects and 21st century themes sebagai fondasi akademik di abad 21, dan komponen life and career skills, learning and innovation skills, information, media, and technology skills sebagai produk belajar peserta didik,” ungkapnya. 

Merujuk pada kerangka kerja pembelajaran inovatif abad 21 jelas maka pemerintah harus terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan kualitas. 

“Pendidikan agar SDM yang dihasilkan mampu bersaing di era globalisasi. Berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan baik jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun pendidikan tinggi untuk. meningkatkan kualitas dan daya saing SDM dalam memasuki perkembangan era globalisasi,” jelasnya. 

Selain itu merujuk kualifikasi peserta didik Peraturan Presiden nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). yang di dalamnya mengatur jenjang, penyetaraan, dan penerapan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia. 

KKNI atau Indonesian Qualification Framework adalah kerangkat penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur. pekerjaan di berbagai sektor. 

KKNI sendiru merefleksikan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang diperoleh dosen melalui jalur. Pertama, pendidikan. Kedua, pelatihan. Ketiga, pengalaman kerja. Keempat, pembelajaran mandiri.

Tidak hanya penyampaian materi, Direktur PNN Akraa Viddy, Ph.D akan menguji para dosen yang sudah mengikuti TOT dengan praktek micro teaching (praktek pengajaran dosen) dimateri terakhir hari ini. (hms)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini